Senin, 20 Februari 2017

[Karya Ilmiah] Crocheting Dan Knitting,Kerajinan Tangan Yang Mendatangkan Berkah

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

TEMA : PELUANG BISNIS

NAMA : ZATALINI

NIM : 16.11.0076

KELAS : S1 TI-02 

-----------------------------------------------------------


 Bisnis milik ibu saya berupa bisnis bros (pin) hasil dari merenda yang akan dipasarkan


ABSTRAK

            Merenda (Crocheting) adalah proses membuat kain renda dari benang renda dengan menggunakan jarum kait. Sedangkan Merajut (Knitting) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Saat ini belum terlalu banyak yang menekuni kegiatan yang satu ini,terutama dari kalangan anak muda,dikarenakan merenda dan merajut membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi dan ketekunan untuk dapat membuat suatu produk. Namun jangan disangka,walaupun membutuhkan konsentrasi tinggi untuk merenda,hasil yang diperoleh dari merenda dan merajut akan terlihat sangat indah dan layak untuk dijadikan bisnis.

            Saat ini,orang-orang—terutama dari kalangan anak muda ,memiliki ketertarikan dengan barang pernak-pernik yang terlihat bagus dan antimainstream,pernak-pernik yang dihasilkan dari merenda dan merajut akan menjadi salah satu contoh pernak-pernik yang layak dicari oleh masyarakat luas.

Oleh sebab itu, marilah kita pelajari lebih dalam mengenai karya ilmiah tentang bisnis pernak-pernik dari hasil merenda dan merajut ini.


PENDAHULUAN
            Merenda dan merajut bukan suatu hal yang mudah,namun jika sudah bisa merenda dan merajut,maka akan terlahir karya-karya yang tidak kalah menarik dengan pernak-pernik yang dihasilkan dengan cara lain. Kebanyakan peminat hobi ini biasanya berasal dari kalangan ibu-ibu atau ibu-ibu yang sudah lanjut usia,namun belum banyak anak muda yang juga menekuni kegiatan ini.

            Walaupun belum banyak anak muda yang menekuni kegiatan ini,namun cukup banyak anak muda yang mencari pernak-pernik dari hasil merenda,dikarenakan memiliki tampilan yang indah serta eye-catchy.

            Dilihat dari segmentasi bisnis pernak-pernik hasil merenda dan merajut memiliki beberapa kategori sasaran pemasaran,antara lain :
  • Anak-anak muda yang menyukai mengoleksi barang pernak-pernik. 
  • Penyuka barang-barang yang bentuknya lucu.
  • Sesama perenda dan perajut yang ingin mengoleksi barang hasil dari merenda dan merajut. 
  • Orang yang ingin memberikan hadiah / kenang-kenangan berupa barang hasil merenda atau merajut.


PRODUK YANG DIJUAL
            Produk yang bisa dihasilkan serta bisa dijual dari sebuah rendaan dan rajutan sangat beragam,mulai dari benda yang kecil,hingga benda yang bisa dipakai,diantaranya adalah :
  • Gantungan Kunci 
  • Topi / Kupluk
  • Bros / Pin 
  • Boneka
  • Tas 
  • Sweater (Baik untuk anak-anak dan untuk dewasa),dan masih banyak lagi.


PEMASARAN
            Pemasaran bisnis ini untuk skala yang lebih kecil kebanyakan berasal dari pembicaraan mulut-ke-mulut,terutama pada ibu-ibu. Ada juga yang memasarkan produknya secara online dengan membuat website yang digunakan sebagai sarana promosi sekaligus lapak produk. Sebagian lagi ada yang membuka lapak di setiap acara pasar minggu pagi,atau memiliki toko sendiri. Biasanya produk semacam ini juga bisa dipasarkan melalui sebuah event kerajinan tangan yang diadakan pada bulan tertentu.


CARA MENJALANKAN BISNIS 
            Pertama,siapkan modal dalam menjalankan bisnis ini,seperti alat dan bahan dalam merenda dan merajut.

            Kedua,tentukan segmen pasar yang ingin dituju dari bisnis merenda dan merajut ini,misal jika segmen pasarnya adalah para ibu-ibu yang masih memiliki anak kecil atau anak bayi dan ingin membelikan pakaian lucu pada anak-anaknya,maka kita bisa membuat produk berupa topi,sweater anak-anak,atau kaos kaki untuk bayi.

            Ketiga,buatlah produk yang ingin dipasarkan dengan sabar serta teliti,namun tetap sesuai dengan target waktu,hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari produk yang ingin kita pasarkan.

             Keempat,promosikan produk ke tempat-tempat seperti web online,lapak online,atau forum jual beli,bisa juga dipromosikan ketika sedang ada acara-acara tertentu seperti perkumpulan,atau bisa juga membuka booth / stand saat ada acara event kerajinan tangan.

            Kelima,jaringlah pelanggan sebanyak mungkin dengan mengadakan promo kecil-kecilan,contohnya saja seperti ketika berada di event,mungkin pembeli bisa mendapat diskon harga jika membeli barang dengan jumlah tertentu.

            Keenam,jika berencana untuk mengembangkan bisnis merenda dan merajut ini,kita bisa membuat suatu komunitas merenda dan merajut,lalu membuka cabang usaha kita jika di dalam komunitas terdapat anggota yang cukup memadai untuk membuka cabang usaha.

            Ketujuh,jangan lupa untuk tetap semangat dalam meniti bisnis ini,serta tetap meningkatkan skill merenda dan merajut agar semakin banyak varian produk yang bisa kita buat dalam bisnis ini.


ARTIKEL REFERENSI
-----------------------------------------------------------

Akhirnya...satu karya ilmiah sudah dibuat ! Semoga artikel ini bisa menjadi pencerahan bagi kita semua,khususnya bagi yang ingin mencoba peluang bisnis di bidang kerajinan tangan.

Artikel ini saya buat sebagai salah satu syarat penilaian dalam mata kuliah Lingkungan Bisnis di tempat kuliah saya...oiya bagi yang penasaran dengan tempat kuliah saya,para pembaca yang budiman bisa buka link Universitas Amikom Yogyakarta buat dikepoin,siapa tahu para pembaca yang lagi mencari kampus barangkali tertarik untuk kuliah disitu hehehehehe~.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah membaca artikel ini,salam hangat dari penulis.

Semangat pagi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar